Bagaimana Sebuah Power Supply Komputer Bekerja?

Power Supply Komputer

Power Supply Komputer – Apabila ada satu komponen yang mutlak ada dan vital untuk mengoperasikan komputer, alat itu adalah power supply komputer. Tanpa itu, komputer hanyalah sebuah kotak yang penuh plastik dan logam. Power suply komputer mengubah arus balik (AC) dari rumah Anda ke arus searah (DC) yang dibutuhkan oleh komputer pribadi Anda.

Walaupun komponen power supply itu penting, tetapi kita juga tidak bisa meremehkan komponen yang lain. Karena komponen yang satu dengan yang lain di dalam computer tersebut saling melengkapi. Misalnya saja jika tidak ada hardisk, tentu saja computer juga tidak bisa dipakai. Atau jika saja VGA card computer tidak berfungsi, tentu saja computer juga hanya akan menjadi barang yang tidak berguna. Memang power supply tersebut sangat penting untuk memberikan daya kepada komponen computer agar bisa berfungsi sesuai dengan fungsinya. Dan kenapa di bagian awal power supply ini sangat penting? Hal ini disebabkan karena jika power supply computer tersebut jelek dalam artian arus yang dihasilkan tidak stabil, ini akan membuat komponen-komponen yang ada di dalam computer tersebut cepat rusak.

Apa Itu Power Supply?

Dalam sebuah komputer pribadi (PC), power supply adalah kotak logam yang terletak di ujung casing. Catu daya (power supply) biasanya dapat terlihat dari belakang karena memiliki lubang power listrik dan kipas pendingin. Walaupun begitu, ada juga power supply yang berada di bagian bawah casing. Lagi-lagi letak dari power supply ini tergantung dari jenis casing komputer yang digunakan.

Power supply, atau sering disebut dengan pembagi catudaya, menggunakan teknologi pembagi untuk mengubah input voltase AC ke tegangan DC yang lebih rendah. Jenis tegangan khas yang disediakan adalah 3,3 volt, 5 volt, dan 12 volt.

Baca Juga  10 Aplikasi Pemutar Media Terbaik di PC/Komputer

Tegangan 3,3 – 5 volt biasanya digunakan oleh rangkaian digital, sedangkan tegangan 12 volt digunakan untuk menjalankan motor di disk drive dan kipas. Spesifikasi utama power supply adalah watt. Watt adalah hasil dari tegangan dalam volt dan arus dalam ampere. Semakin besar watt yang dihasilkan, maka akan semakin bagus power supply tersebut. Dan tentu saja harga yang ditawarkan juga akan semakin mahal untuk mendapatkan power supply dengan watt yang besar.

Pengoperasian Power Supply

Jika Anda telah memiliki komputer keluaran lama, Anda mungkin ingat bahwa PC asli memiliki tombol switch besar merah. Switch ini digunakan untuk menghidupkan dan menyalakan komputer. Tentu saja ini dapat mempermudah pengoperasian komputer, tetapi memiliki efek buruk pada komponen-komponen lain yang ada di dalam komputer. Terputusnya arus listrik secara tiba-tiba bisa menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen komputer tersebut.

Karena itu, dalam perkembangannya, tombol power supply ini dijadikan satu dengan casing dan untuk mematikan power supply bisa dilakukan melalui sistem komputer. Cara ini akan lebih aman karena sistem komputer akan mematikan semua aktivitas komputer terlebih dahulu sebelum komputer mati. Dan tentu saja komponen-komponen komputer akan lebih awet.

Dengan kata lain, sekarang ini Anda menghidupkan power dengan menekan sedikit tombol dan mematikan mesin dengan menggunakan option menu yang ada pada sistem komputer. Kemampuan ini ditambahkan ke power supply standar beberapa tahun yang lalu.

Sistem operasi bisa mengirimkan sinyal ke power supply untuk memberitahu ketika menyala. Power supply juga memiliki sirkuit yang memasok 5 volt yang disebut dengan VSB untuk “tegangan siaga” bahkan ketika benar-benar “off”, sehingga tombol akan bekerja.

Jumlah Watt Power Suply

Baca Juga  10 Aplikasi Pemutar Media Terbaik di PC/Komputer

Sebuah power supply 400-watt pada umumnya tidak akan menggeluarkan daya lebih dari 250 watt. Tentu saja, output yang dihasilkan tergantung dari kualitas power supply itu sendiri. Power supply yang bagus akan menghasilkan daya yang stabil dan sesuai dengan besarnya daya yang tertulis pada power supply tersebut. Sedangkan kebanyakan power supply yang beredar di pasaran dan menjadi satu pada saat pembelian casing komputer biasanya mempunyai kualitas yang rendah sehingga kita perlu mengganti power supply tersebut dengan kualitas yang bagus agar daya yang diterima oleh komponen komputer sesuai dengan kebutuhannya.

Penyaluran yang lebih besar diperlukan apabila Anda menggunakan setiap slot motherboard atau setiap port drive di dalam casing komputer Anda. Ini bukanlah ide yang baik untuk menggunakan power supply 250 watt apabila Anda hanya memiliki jumlah total 250 watt dalam perangkat Anda, karena pasokan tidak harus dimuat sampai 100 persen dari seluruh kapasitasnya.

Permasalahan Power Supply

Power Supply PC

Power supply komputer mungkin item yang paling rawan dari kerusakan dalam komputer pribadi. Power supply akan memanaskan dan mendinginkan setiap kali digunakan dan menerima arus AC yang tiba-tiba masuk ketika PC dihidupkan.

Biasanya, mogoknya kipas pendingin akan menjadi sebuah pertanda kerusakan power supply karena komponennya terlalu panas. Semua perangkat di PC menerima daya DC melalui power supply.

Kerusakan khas pada sebuah power supply PC sering ditunjukkan ketika muncul bau hangus sebelum komputer dimatikan. Masalah lainnya mungkin disebabkan karena kerusakan kipas pendingin yang akan mengakibatkan komponen yang terdapat dalam power supply terlalu panas (overheat).

Untuk setiap masalah yang Anda curigai menjadi kerusakan power supply, gunakan dokumentasi yang disertakan bersama dengan komputer Anda. Apabila Anda pernah membuka casing komputer pribadi Anda untuk menambahkan kartu grafis atau memori, Anda bisa mengganti power supply-nya. Pastikan Anda mematikan aliran listrik utama, karena tegangan akan tetap ada meskipun komputer Anda tidak aktif.

Baca Juga  10 Aplikasi Pemutar Media Terbaik di PC/Komputer

Memilih Power Supply yang Bagus

Untuk memilih power supply yang digunakan pada komputer kita, kita harus mengetahui terlebih dahulu kisaran besar daya yang dibutuhkan oleh semua komponen komputer. Penghitungan bisa dilakukan dengan melihat komponen-komponen apa saja yang ada di dalam komputer tersebut dengan cara melihat spesifikasi dari komponen komputer tersebut.

Misalnya saja jika kita menggunakan komputer dengan VGA card dengan kemampuan tinggi terutama untuk bermain game, tentu saja kita harus menggunakan power supply yang mampu memberikan daya untuk VGA card tersebut. Power supply bawaan casing sangat tidak disarankan untuk dipakai karena mempunyai kualitas rendah. Disarankan untuk mengganti power supply tersebut dengan cara membeli power supply yang outputnya sesuai dengan kebutuhan. Biasanya power supply ini mempunya tanda 80+ yang berarti besarnya daya yang dihasilkan rata-rata 80% dari daya yang tertulis pada power supply tersebut. Sedangkan power supply bawaan casing biasanya hanya mempunyai daya output sekitar 50%.

Kurangnya pasokan listrik ke komponen komputer, tentu saja akan sangat berbahaya dan bisa merusak komponen yang ada di dalam komputer kita. Karena itu, memilih power supply komputer yang bagus, mutlak diperlukan agar komponen komputer kita awet. Selain itu, power supply yang bagus juga menunjang performa dari komputer yang kita gunakan. Bila kurang begitu paham tentang power supply yang sesuai dengan komputer kita, tanyakan kepada bengkel komputer atau orang yang lebih tahu tentang seluk belum komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *