Cara Mudah Mengatasi Printer Error 6000 [Canon ip2770 atau ip2870]

cara mengatasi error 6000 pada printer canon

Mengatasi Printer Error 6000 –┬áHalo sobat teknisi service semua, Di kesempatan ini admin akan membagikan pada pembaca semua, mengenai cara menangani printer error 6000 pada canon ip2770 atau ip2870. Cara ini betul-betul terbukti ampuh menangani error tersebut pada printer canon ip2770 atau canon ip 2870, jadi pastikan baca sampai habis ya.

Tanda-tanda Awal printer canon ip2770 dengan error 6000 yakni saat printer dihidupkan lampu resume akan blink/kedip-kedip. Serta printer tidak dapat untuk mencetak dokumen, lalu pada layar monitor akan memperlihatkan pesan error 6000. Karena itu ijinkan admin untuk memberi penjelasan bagaimana car memperbaikinya. Yuk lanjut

Penyebab error pada printer canon ip2770 karena oleh beberapa faktor, bisa saja karena listrik tidak stabil, dan printer seringkali mati secara mendadak karena listrik yang tidak stabil tersebut. Oleh karenanya pertama kali kita lakukan yakni harus cek dengan teliti agar ditemukan kerusakan pasti dari printer canon ip2770 yang error 6000 ini.

Oleh karenanya, kita harus menganalisa kerusakan pada printer canon ip2770 terlebih dulu.

Cara Mengatasi Canon Ip2770/Ip2870 Error 6000

Langkah awal yaitu hidupkan printer serta lihat apakah terdapat ada gerakan sesudah dihidupkan. Jika tempat cartridge berhenti dibagian kanan setelah itu ada error 6000 maka bukalah tutup/cover printer.

Selanjutnya tutup printer terbuka lihatlah di bagian mekanik roll atau roll printer. Lihat dengan teliti adakah sesuatu atau barang yang masuk seperti kertas nyangkut, pulpen, atau hewan yang tidak sengaja masuk. Pengalaman admin biasanya ada benda dan hewan seperti cecak masuk di dalam printer serta tidak dapat keluar ini bisa juga membuat error.

Bila tidak ada barang atau hewan yang tersangkut di dalam roll atau mekanik printer maka cek roll printer apakah patah atau tidak. Jika patah, maka dapat ditangani dengan menyambungkan dengan lem g atau alteco. Jika bukan karena itu, maka ikuti langkah selanjutnya.

Baca Juga  Tutorial Cara Memperbaiki Printer Epson L120 Mati Total

Sesudah semua di check, roll di check, dan pastikan tidak ada benda asing yang tersangkut di printer. Maka hidupkanlah printer, bila masih error 6000 maka coba buka casing printer ip2770. Lepaskan semua baut di bagian depan casing sekitar 2 baut, selanjutnya pada bagian bawah tutup casing, samping kanan serta kiri tempat memasukan kertas.

Coba ganti Sensor ASF/Sensor kertas pada printer. Sensor ASF ialah sensor yang memiliki fungsi untuk menyensor pergerakan kertas pada printer. Kemungkinan sensor lemah sehingga printer memperlihatkan error 6000. Gantilah sensor yang baru atau yang bekas tapi masih berfungsi secara baik.

Lihat letak sensor ASF pada printer dibawah ini, selanjutnya ganti.

cara mengatasi error 6000 pada printer canon

Ini merupakan sensor ASF jika dilihat lebih dekat.

cara mengatasi error 6000 pada printer canon

Setelah sensor ASF diganti silahkan pasang kembali casing printer, lalu hidupkan. Lihatlah apakah masih error 6000 atau tidak ada error pada printer. Lalu coba tes printer dengan mencetak dokumen, jika bisa berarti printer sudah sukses di tangani permasalahannya.

Pengalaman admin berhasil menangani error 6000 pada canon ip2770 dengan mengubah sensor ASF.

Demikian Cara Mengatasi Error 6000 pada printer ip2770 atau ip2870. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat serta berguna untuk para pembaca sekalian. Selamat mencoba serta terima kasih sudah berkunjung di website kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *