Tutorial Cara Memperbaiki Printer Epson L120 Mati Total

Memperbaiki Printer Epson L120

Memperbaiki Printer Epson L120 –┬áKesempatan ini admin akan berbagi cara memperbaiki printer Epson L120. Tidak hanya permasalahan general error serta service required saja akan tetapi masalah printer epson mati total.

Printer Epson L120 merupakan tipe printer yang bandel dalam pemakaiannya. Epson sangat memprioritaskan kualitas cetak disetiap produk printer yang dikeluarkan. Meskipun harga bisa dibilang lebih tinggi dibanding canon, tapi hasilnya memang sesuai harganya. Yakni benar-benar memberi kepuasan buat customer yang menggunakannya.

Indikasi awal kerusakan ini ialah saat printer akan dipakai untuk cetak, namun printer tidak dapat dihidupkan. Semua tombol tidak berfungsi, lampu tidak ada yang bisa menyala serta tidak ada kehidupan pada printer, ini mengindikasikan jika printer telah mati total.

Karena itu hal yang perlu kita lakukan ialah dengan mengeceknya terlebih dulu. Banyak sebab yang bisa membuat printer epson L120 mati total. Salah satunya Resistor pada printer terbakar atau terputus, IC power juga punya pengaruh pada printer mati, atau power printer mati.

Tutorial Mengatasi Printer Epson L120 Mati Total

Mengecek Penyebab Epson L120 Mati
Untuk Langkah awal coba lakukan pengecekan listrik dengan memakai tespen atau juga bisa oben multitester pada kabel printer. Pastikan kabel power serta usb printer tidak ada permasalahan.

power suply Printer Epson L120

Jika pada kabel terdapat sumber listrik, maka silahkan cek pada Adaptop printer. Lepas terlebih dulu adaptor/power suplay printer. Jika tidak ada saluran listrik yang masuk, maka bisa dinyatakan adaptor printer mati. Gantilah yang masih hidup atau yang baru.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Tinta Kering pada Cartridge

Dengan menggunakan cara di atas harusnya printer sudah terdeteksi permasalahannya. Bila belum bisa mengetahui kesalahan printernya mati, maka kemungkinan besar terdapat permasalahan pada mainboard printer.

Baca Juga  Cara Mudah Mengatasi Tinta Kering di Cartridge

mainboard Printer Epson L120

Mengatasi Epson L120 Mati
Jika sudah terdeteksi penyebab Printer Epson L120 mati total, pada contoh kali ini ialah mainboard printer mati total. Lakukan beberapa langkah berikut ini.

  • Bongkarlah printer epson l120 dengan berhati-hati.
  • Setelah dibongkar, lepaskanlah mainboard printer serta lepaskanlah kabel yang terpasang.
  • Pastikan janganlah sampai ada kabel yang terputus atau lepas lapisan emasnya.
  • Cek pada mainboard printer bagian Dioda Mainboard dengan memakai tester. Jika dioda mati, gantilah yang baru atau bekas printer epson l120 lain yang tidak terpakai.
  • Kemudian cek juga pada Sekring mainboard printer atau fusenya. Kode sekring dengan tanda F1 dan terletak pada pojok mainboard printer.
  • Jika pada dioda serta fuse telah di check dan hasilnya masih baik maka kemungkinan yang mati ialah pada Transistor mainboard. Transistor ini terletak sangat jelas, yakni pada mainboard terdapat 2 transistor berjejer serta sama panjang lebarnya. Lihat gambar di bawah.

resistor Printer Epson L120

  • Gantilah Transistor dengan yang baru memakai solder uap atau juga bisa memakai solder biasa untuk melepas dan menggantinya. Pastikan transistor yang diganti sama serinya.
  • Sesudah transistor diganti, pasanglah kembali mainboard printer ke printer epson L120. Gunakanlah baut serta kabel yang harus dipasang pada mainboard. Selanjutnya rakit kembali printer epson L120.
  • Hidupkan kembali printer, mudah-mudahan bisa normal kembali dan bisa dipakai lagi.

Demikian cara mengatasi printer epson L120 mati total, semoga bisa memberikan wawasan ya untuk memperbaikinya. Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa tinggalkan komentar jika ada yang ditanyakan ya sobat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *