10 Aplikasi Pemutar Media Terbaik di PC/Komputer

Aplikasi Pemutar Media

Aplikasi Pemutar Media – Selain untuk bekerja atau memudahkan pekerjaan manusia, komputer kerap digunakan sebagai sarana hiburan. Menonton film, mendengarkan musik, atau bermain game. Untuk bisa memainkan bergai file multimedia tersebut, sebuah komputer tentu memerlukan software pemutar multimedia. Berbeda jenis file, tentu memerlukan pemutar multimedia yang berbeda juga. Atau jika tidak ingin menginstall banyak software ke dalam komputer kita, bisa disiasati dengan menambahkan codec ke dalam software multimedia yang kita miliki.

Saat ini sangat banyak software pemutar file multimedia yang bisa didapatkan. Jangan takut harus mengeluarkan biaya yang besar, karena sebagian software pemutar multimedia tersebut bisa didapatkan secara gratis. Berikut ini akan diberikan berbagai kumpulan software pemutar media yang dapat dimafaatkan untuk memainkan media digital seperti video dan suara (film, mp3, DVD, musik, dan lain sebagainya).

Media Player Classic (Gratis, Windows)
Media Players Classic fungsi utamanya untuk memutar file video yang sesederhana mungkin dari berbagai media dan menjaga fitur-fitur di bermacam generasi video. Tampilannya cukup sederhana dan sangat mudah untuk digunakan. Dinamakan Media Player Classic karena media player ini adalah generasi awal dari windows media player yang saat ini digunakan. Tentu saja jika dibandingkan dengan windows media player yang saat ini beredar, akan sangat jauh berbeda. Media player classic lebih mengacu kepada fungsi sebagai pemutar file multimedia, sedangkan media player modern saat ini selain fokus terhadap fungsinya sebagai pemutar berbagai file multimedia, juga fokus terhadap tampilan yang begitu memesona.

Perbedaan lainnya adalah dari segi sumber daya komputer yang digunakan. Aplikasi ini sangat ringan dengan berbagai codec yang dibenamkan di dalamnya sehingga cocok digunakan untuk komputer dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi. Sedangkan media player yang sekarang lebih membutuhkan spesifikasi komputer yang lumayan tinggi.

Baca Juga  Bagaimana Sebuah Power Supply Komputer Bekerja?

Keunggulan lain dari media player ini adalah bisa digunakan untuk memutar video dengan mengedit subtitle di dalamnya. Tentu saja ini sangat berguna saat subtitle yang dipakai untuk video tidak tepat.

Selain itu, Media Player Classic juga support untuk portable dan sangat cocok untuk memutar berbagai macam file multimedia. Tertarik Menggunakannya? Kunjungi laman web-nya di http://mpc-hc.sourceforge.net/ untuk mengunduhnya.

Mplayer (Gratis, Windows/ Mac/ Linux)
Pemutar media ini awalnya dikembangkan untuk memutar media pada sistem operasi Linux yang tidak memiliki pemutar media. Namun, pada perkembangan selanjutnya, vendor pengembang justru melebarkan untuk sistem operasi Windows serta Mac.

Mplayer memiliki kemampuan untuk memutar media berbagi konten. Dan keunggulan lain dari pemutar media ini adalah mempunyai penyesuaian dan optimaslisasi terhadap sistem hardware komputer. Tertarik mecobanya? Silakan kunjungi laman web-nya di http://www.mplayerhq.hu/ untuk segera mengunduhnya.

Gom Player (Gratis, Windows)
Pemutar media ini awalnya hanya dikhususkan untuk memutar media streaming dari sebuah situs yang bernama Gom-TV. Gom-TV adalah jaringan pertelevisian di Korea.

Gom Player

Selanjutnya, GOM lebih banyak digunakan untuk pemutar file multimedia di Linux. Baru akhir-akhir ini GOM mulai banyak digunakan untuk Windows.

Kelebihan dari Gom Player adalah kemampuannya dalam berbagai bahasa. Hal ini dapat ditemukan di subjudul yang tersedia. Tertarik menggunakan aplikasi ini? Anda dapat mengunduhnya di https://www.gomlab.com/eng/.

VLC (Gratis, Windows/ Mac/ Linux)
Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah, mampu memutar file video yang bahkan telah rusak atau tidak lengkap. Dengan VLC Anda mempunyai pilihan untuk memperbaiki file tersebut atau memulai mengunduhnya lagi. VLC adalah satu-satunya pemutar media yang bekerja di lebih dari 10 sistem operasi.

Dan VLC juga mendukung berbagai file media yang ‘tidak umum’ digunakan. Seperti ISO DVD atau AVCHD. Tertarik menggunakannya? Kunjungi laman web-nya di http://www.videolan.org/vlc/ untuk mengunduhnya.

Baca Juga  Bagaimana Sebuah Power Supply Komputer Bekerja?

Winamp
Mungkin hampir semua orang yang mempunyai komputer, terutama komputer dengan sistem operasi windows, memiliki media player yang satu ini di dalamnya. Berbagai kemudahan dan tampilan yang cukup sederhana membuat winamp mencuri hati banyak pengguna komputer. Bisa jadi, sebagian orang lebih mengenal winamp sebagai pemutar file multimedia daripada windows media player yang secara default sudah dibenamkan ke dalam komputer.

Semua itu tentulah tidak terlepas dari usaha pihak winamp untuk selalu memanjakan konsumennya. Dengan berbagai keunggulan yang bisa didapat dari winamp, pengguna bisa mendapatkan winamp tersebut secara gratis. Jika ingin menggunakan versi profesional, winamp juga tersedia dalam versi profesional yang memiliki fitur lebih banyak dari pada winamp yang didapatkan secara gratis.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan winamp, bisa mengunjungi situs resmi winamp di alamat www.winamp.com.

Banshee Media Player
Pemutar musik ini memang kurang terkenal bagi pengguna sistem operasi windows di komputer mereka. Tetapi, bagi pengguna Linux, terutama Sabily, pastilah mengenal pemutar multimedia yang satu ini. Karena secara default linux sabily sudah membenamkan software multimedia ini di dalam pasket instalannya.

Berbagai fitur menarik bisa didapatkan dalam software ini di antaranya adalah fitur shorcut yang menjadi satu dengan fungsi pengeras suara. Jadi bisa langsung masuk ke dalam software ini dengan mengklik pengatur suara yang ada pada Linux.

Audacious Music Player
Sama halnya dengan pemutar musik linux lainnya, software ini cukup terkenal. Apalagi tampilannya bisa diubah mirip dengan tampilan winamp. Akan sangat membantu bagi pengguna yang belum terbiasa menggunakan sistem operasi linux.

Movie Player
Software pemutar multimedia ini juga terdapat di sistem operasi linux. Terfokus pada pemutar file video sehingga membuat software ini kurang bersahabat saat digunakan. Tetapi, dengan banyaknya fitur yang mumpuni yang ada di software ini, membuat software ini menjadi andalan sistem operasi linux sebagai pemutar videonya.

Baca Juga  Bagaimana Sebuah Power Supply Komputer Bekerja?

Walaupun begitu, ada kelemahan terhadap software ini. Yaitu perlunya menambahkan codec ke dalam software sebelum digunakan. Karena akan banyak file video yang tidak bisa diputar jika belum menambahkan codec ke dalam software ini.

KMPlayer (Gratis, Windows)
Dengan media pemutar ini maka Anda dapat memiliki akses penuh pada suatu file media hanya dengan satu kali klik. Yap, dengan satu klik kanan saja maka Anda akan memiliki akses ke berbagai menu seperti layar, kecepatan, bookmark, dan berbagai fitur lainnya. KMPlayer mendukung berbagai file termasuk DVD dan fitur pilihan kemudahan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Windows Media Player
Sebenarnya, bagi Anda yang memakai komputer yang bersistem operasi Windows, di komputer Anda telah dibenamkan sebuah pemutar media bawaan dari Microsoft. Windows Media Player adalah pemutar media tersebut.

Dengan Windows Media Player, maka hampir semua jenis file dapat diputar. Termasuk file suara serta video. Namun, ini kembali ke pribadi masing-masing, pemutar media mana yang dipilih.

Kumpulan softaware pemutar media selain yang telah disebutkan di atas masih ada aplikasi yang lainnya. Seperti iTunes, Real Player, Quick Time, dan lain sebagainya. Berbagai aplikasi di atas biasanya gratis. Namun, terdapat juga versi yang berbayar. Apa bedanya? Tidak ada perbedaan. Yang jelas fitur berbayar lebih atraktif dan lengkap daripada versi yang gratisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *